Skip to content

Bubur Kacang ijo kupas

July 26, 2014

Di pasar sekarang tersedia kacang ijo kupas. Jadi tidak repot harus mengupas kalau memang tidak butuh kulitnya. Dulu di masa kecilku, ada bapak keliling jualan bubur kacang ijo…jualan pakai pikulan,  ya kayak gini.. kacang ijonya di kupas.

Kata pak KaJe, kalau lagi ngumpul dengan teman2nya, beberapa kali temannya dari pontianak bawa bubur kacang ijo ini, di makan dengan cakwe.. ya.. makin gurih dan kenyang tuh.

 

bkijo5

Bahan:

250 gr kacang ijo kupas kering
1250 ml air
3 lembar daun pandan
150 gr gula
5 sdm tepung tapioka

Santan:

300 ml santan dengan kekentalan sedang
1 lembar daun pandan
1/2 sdt garam
1/2 sdm tepung tapioka

Cara:

– Didihkan air bersama daun pandan, masukkan kacang ijo.
– masak hingga kacang ijo mekar, masukkan gula
– kentalkan dengan tepung tapioka yang di encerkan dengan sedikit air.
– sajikan dengan santan

Santan:

– Didihkan santan, pandan dan garam
– kentalkan santan dengan tepung tapioka yang sudah di encerkan dengan sedikit air

4 Comments
  1. Aku lebih suka kacang ijo yang masih ada kulitnya mbak Ine, nutrisinya masih ada. Kalau udah dikupas gitu, dah gak ada nutrisinya lagi.

  2. Ini enak buanget cie Ine! Mamiku dari Pontianak, kalo di sana disajikan panas di mangkok kecil yang cantik motif bunga2 (kalo mami bikin di rumah mangkok kembangnya absen hehe) trs pake irisan cakwe juga… orang sana suka untuk selingan, sarapan atau cemilan malem2 gitu.

  3. feli permalink

    Makasih resepnya Ci Ine..tadi sudah dipraktekin dan suami suka banget. Krn ngga punya pandan akhirnya diganti dengan jahe di kacang hijau dan daun jeruk untuk santannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: