Skip to content

MANGUT

March 6, 2006

Description:
Mangut masakan khas semarang, dibuat dari ikan asap, bisa ikan tongkol asap, ikan manyu asap atau ikan pari asap. Aroma sangit asap pada ikan, membuat citarasa masakan ini khas banget dan sedep.

Ingredients:
5 potong ikan asap (yang kupakai kali ini pari asap)
5 potong tahu goreng ukuran 3X3X1 cm
5 potong tempe ukuran 3X3X1 cm
1 buah krai (mentimun yang warna kulitnya loreng2 ijo putih), dalam fotonya gak ada karena sedang nggak nemu krai:-)
6 buah belimbing sayur, potong 1 cm (kalau tidak ada di ganti tomat hijau)
2 buah cabai merah, iris serong tipis
1 potong lengkuas
2 lembar daun salam
garam
gula (pengganti vetsin)
800 cc santan sedang
2 genggam daun kemangi

bumbu halus
3 buah cabai merah besar
3 siung bawang putih
4 butir bawang merah
2 cm kencur

Directions:
– Bakar ikan untuk sekedar mengeringkan, sisihkan.
– Tumis bumbu halus, salam dan lengkuas sampai harum baunya.
tambahkan santan, tahu, tempe, cabai iris, garam dan gula. Masak sampai bumbu meresap.
– Tambahkan belimbing sayur, krai yang dipotong 1 cm, ikan pari.
masak sampai mendidih dan krai layu.
– Matikan api, masukkan daun kemangi, aduk rata.

note:
kalau mau pedas, tambahkan 10 butir cabe rawit utuh saat memasak.

25 Comments
  1. syl sering dengar ttg masakan yang satu ini.sekarang jadi jelas sekali.mmmh, pasti segar pedas dan menambah nafsu makan kayanya ya, mbak.dimaem dgn nasi putih panas2 … oh…… sayang tidak ada ikan asap di sini :(kalau ada mau masak ini untuk makan siang nanti.

  2. iya disini juga gak ada ikan asap kayakne, kalau ikan digoreng aja gimana ya ?

  3. sylviegill said: mmmh, pasti segar pedas dan menambah nafsu makan kayanya ya, mbak.dimaem dgn nasi putih panas2 … oh……

    emang ini khas banget. Bos ku pernah ku beri, di makan siang yang lagi di tata oleh ofice boy, aku kasi semangkuk mangut beliau gak tahu.Besokannya dia pesan makan siang ke sekretarisnya sambil bilang ‘belikan ikan angus kayak kemarin dong’ hehehe…

  4. estherlita said: iya disini juga gak ada ikan asap kayakne, kalau ikan digoreng aja gimana ya ?

    mbak, yang bikin khas itu justru ikan asapnya.Aku biasanya bawa dari semarang, di sana ikan asap banyak jenisnya. Lha kemarin ini dapatnya ikan pari asap di Pasar Modern BSD. berpuluh puluh kilometer dari rumahku Kelapa Gading:-)

  5. Mbak Ine,Ini makanan Favoriteku sekali…kalau pulang ke Jakarta pasti selalu dibikin sama kakak saya,ikan mangutnya import langsung dari Semarang.Kriuk-kriuk enak tulang muda yang di ikan….hm..hm..terima kasih resepnya…yummi banget-banget apalagi bau sangit dari ikannya,tak terlupakan….Mbak Esther,disini ada ikan asapnya,bisa beli di Queen Saba,tapi tidak seenak aslinya…

  6. aku baru tahu ada masakan namanya mangut & belum pernah nyicip.dr potonya keliatan enak banget , seger.

  7. indbahar said: Ini makanan Favoriteku sekali…kalau pulang ke Jakarta pasti selalu dibikin sama kakak saya,ikan mangutnya import langsung dari Semarang.Kriuk-kriuk enak tulang muda yang di ikan….hm..hm..terima kasih resepnya…yummi banget-banget apalagi bau sangit dari ikannya,tak terlupakan….

    Iya ya In, khas banget, di sini ada yang jual udah matang, enak juga, dia import ikannya juga langsung dari semarang, cuma nggak bisa dipastikan kapan bikin mangut, karena tergantung kiriman dan musim ikan parinya.

  8. amadeus18 said: aku baru tahu ada masakan namanya mangut & belum pernah nyicip.

    Ini khas jawa banget Dew, aromanya sangit dan wangi campur jadi satu.

  9. Mbak Ine, resepnya aku coba ya, tapi mau pake ikan sale, gak ada mangut soalnya di sini. Oh ya, kemanginya juga gak ada nih…Mm..sekalian ijin aku link blognya ye…

  10. likadila said: Mbak Ine, resepnya aku coba ya, tapi mau pake ikan sale, gak ada mangut soalnya di sini. Oh ya, kemanginya juga gak ada nih…Mm..sekalian ijin aku link blognya ye…

    dear Farida, selamat mencoba ya… mangut ini asal ikan asap, ikan apapun…asal di asapi. Kemangi..nggak semua orang bikin mangut pake kemangi. tapi aku suka aromanya… jadi…tanpa kemangipun oke kog.silakan di link, senang sekali diriku

  11. Mbak, bener nih pake kencur (bukan kunyit), warna kuningnya dari mana?

  12. likadila said: Mbak, bener nih pake kencur (bukan kunyit), warna kuningnya dari mana?

    Bener, itu kelihatan kuning…tapi warna itu dari cabenya. gak terlalu banyak…jadi nggak merah macam sambal goreng.

  13. Lapor mbak…sudah tak cobain, rasanya siip….

  14. likadila said: Lapor mbak…sudah tak cobain, rasanya siip….

    Sip..sip… lha kog aku belum ikut ngicip ngicip?? hehehehe…

  15. likadila said: Lapor mbak…sudah tak cobain, rasanya siip….

    siiiip lah….ikut seneng.

  16. Wa…ngirimnya kejauhan mbak…he..he..he..

  17. huahahahaha…..

  18. mbak contek resepnya ya…kebenaran ada tongkol asap dr menado..klo g pake belimbing wuluh gantinya apa ya mbak?

  19. keluargasusminarto said: mbak contek resepnya ya…kebenaran ada tongkol asap dr menado..klo g pake belimbing wuluh gantinya apa ya mbak?

    wah…tongkol manado..enak tuh. gak ada blimbing wuluh, ganti tomat ijo juga enak kog

  20. ci ikan manyu apa manyung? hheheh

  21. ada yang bilang manyu ada yang bilang manyung, podo bae🙂

  22. kalo pake kencur lbh seger ya, mbak?akui asli semarang, tp pas di smg malah gak tll doyan mangut. bgt minggat dr smg malah kangen. padahal susah nyari ikan asap di bekasi. ada tapi kok warnanya kuning. jd kawatir, takutnya pake pewarna. seingatku di smg ikan asapnya gak kuning, ya? aku masuk kesini dr segomangut.org!

  23. mbaa Ine, aku udah nyobain, duhh enyakkk kata si matt. makasih yaa. aku copy resepnya yaaa mba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: