Skip to content

Nasi Ayam Semarang

October 5, 2012

Tampilan, dan racikan mirip nasi liwet solo. Tapi jangan di sama-samakan, karena baik orang semarang dan orang solo, suka tidak terima jika antara nasi liwet di samakan dengan nasi ayam.

Perbandingan:

Nasi Gurih
500 gr beras
800 cc santan encer
2 lembar daun salam
1 lembar sereh
½ sdt Garam

Cara:

  • Cara tradisional ini di sebut Aron Darat
  • Rendam beras selama 2 jam, tiriskan
  • Kukus beras hingga agak lengket
  • Sementara itu, didihkan santan bersama garam daun salam dan sereh.
  • Matikan api
  • Masukkan beras yang telah di kukus, sambil di aduk rata, tutup panci, biarkan santan terserap habis oleh beras.
  • Kukus nasi setengah matang ini, dalam dandang selama 30 menit. sampai nasi matang

Cara Praktis:

  • Cuci beras
  • Masukkan Rice cooker : Beras, santan, garam, sereh, daun salam
  • Masak hingga nasi matang

 

Opor Kuning dan areh

1 ekor ayam kampung
5 btr telur rebus
3 liter santan dari 2 butir kelapa
2 potong lengkuas
2 lembar daun salam
1 lembar sereh
1 sdt garam
Bumbu halus:
10 butir bawang merah
6 siung bawang putih
1 sdt  ketumbar
5 btr kemiri
2 ruas kunyit
 
Cara:

  • Tumis bumbu halus dan lengkuas, daun salam dan sereh dengan 3 sdm minyak hingga harum
  • Tuangkan santan, masukkan ayam dan telur rebus
  • Masak hingga ayam matang dan bumbu meresap
  • Tiriskan ayam dan telur, diamkan santan
  • Santan kental yang mengambang di bagian atas, di pisahkan di tempat terpisah, untuk areh.

Note:
Kuah opor perlu banyak, karena sebagian digunakan untuk memasak sate usus, tahu bacem kuning

Sayur labu siam:

Bahan:
2 buah labu siam potong2 bentuk korek api, taburi sedikit garam, remas2, cuci bersih
750 ml santan sedang
1 sdt Garam
2 lbr daun Salam
2 potong lengkuas
1 sdt gula jawa
2 sdm minyak goreng untuk menumis
 
Bumbu halus:
5 bawang merah
3 bawang putih
8 cabe merah besar buang bijinya
 
Cara:

  • Tumis bumbu halus dan daun salam, lengkuas hingga harum
  • Tuangkan santan, masukkan labu siam, garam dan gula jawa
  • Masak hingga sayur matang.

Pelengkap:

Tahu bacem kuning
10 buah tahu kecil yang telah di goreng,
masak bersama santan opor kuning, sampai bumbu meresap.
Tiriskan tahu.

Sate usus, ampela ati opor kuning

  • Usus yang telah di bersihkan, ampela ati yang telah di bersihkan
  • rebus dengan air, garam, jahe dan daun salam hingga empuk. 
  • Tiriskan
  • Tambahkan kuah opor pada usus, ampela ati, masak hingga kuah opor mengering dan bumbu meresap
  • Rangkai usus, ampela ati, pada tusukan sate.
  • Celupkan sate pada areh
     

Penyelesaian:
Taruh nasi di piring/daun
Beri sayur labu siam
Taruh ayam opor yang telah di suwir
Siram dengan kuah opor kuning
Beri telur rebus, sate usus, tahu bacem kuning
Beri sedikit areh
Sajikan segera

7 Comments
  1. Nek aku milih matenge wae. he..he..he..

  2. Aku kok malah pengin makan tahu bacem kuning ya…. Rasanya kayak terik tahu bukan?

  3. Ruly Agivianna permalink

    mantapppp…., mb Ineee…apa kabar? ini blog baru atau tampilan baru? udah lama ga jalan-jalan ke blog mb Ine., duh ini pasti enyak mbyanget mau kucoba ah. Makasih ya mbaaakk..

  4. silvia permalink

    wahaha…sampe dibikin tabel perbandingan gitu Ci..haha…iya, emang kalau makanan masa kecil kita terus diaku-aku pake nama lain rasanya gak rela ya Ci

    • ine elkaje permalink

      iya nih, itu kalau lagi sempat dan lagi mood nulis Vi

  5. Ophoeng permalink

    Kumut, yang dibuat tersendiri dari santen + kuah opor kuning + telur dikocok, sebagai ekstra topping, itu masuk yang mana ya – Semarang atau Solo? | Kalau saya perhatikan, Nasi Liwet Solo pakemnya tidak ‘banjir’, cuma nyemek ajah. Sementara Nasi Ayam Semarangan, pakemnya justru banjir berkuah gitu. Tapi, tentu banjir tidaknya sih tergantung selera ajah ya.

    • ine elkaje permalink

      kumut yang kuning, khas semarangan. klo putih punya solo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: